Menyimpan Wine yang Benar

Menyimpan Wine yang Benar untuk Menjaga Kualitas. Banyak orang yang ternyata belum mengetahui cara menyimpan wine yang baik dan benar demi menjaga kualitas. Jika cara yang Anda gunakan untuk menyimpan wine asal-asalan bahkan salah maka bisa menurunkan kualitas. Padahal kualitas wine sangat penting agar bisa merasakan rasa asli wine tanpa perubahan.

Bagi cafe atau resto yang menyediakan wine untuk minumannya tentu sudah mengetahui cara menyimpannya. Namun bagi pemilik wine perorangan tentu akan merasa kesulitan dan bahkan bingung bagaimana caranya. Mengingat menyimpan wine salah sedikit saja maka Anda akan kehilangan rasa spesial wine yang seharusnya.

Cara Menyimpan Wine
Cara Menyimpan Wine

Maka dari itu cara menyimpan wine sangatlah penting untuk diketahui jika ingin menyimpan wine waktu lama. Mengingat semakin lama usia wine maka semakin mahal harganya asalkan kualitas asli tetap terjaga. Jika wine sudah kehilangan masa enak tentu menjadi percuma Anda menyimpan wine dalam waktu lama.

Pentingnya Perhatikan Cara Menyimpan untuk Menjaga Kualitas Wine

Perlu Anda ketahui kalau cara menyimpan wine sangat penting untuk diperhatikan oleh siapapun jika ingin menjaga kualitasnya. Banyak orang pemggemar daftar idnplay sudah mengetahui kalau wine tidak ada tanggal kedaluwarsanya walaupun disimpan hingga berpuluh tahun. Wine yang disimpan dalam waktu lama akan semakin mahal ibarat sebagai mobil antik.

Cara Menyimpan Wine
Cara Menyimpan Wine

Walaupun wine tidak ada tanggal kedaluwarsanya, namun ada yang namanya masa “enak” sebuah wine. Wine yang masih enak dan fresh akan memiliki campuran rasa asam, manis, serta sedikit creamy. Namun jika wine hanya ada rasa asam atau manis saja maka sudah dipastikan kalau kualitas berkurang.

Perubahan rasa pada wine tersebut secara besar dipengaruhi oleh cara menyimpan wine itu sendiri. Jika cara menyimpan Anda salah maka bisa berakibat kehilangan masa enak dari wine. Maka dari itu untuk menjaga kualitas sebuah wine gunakan cara menyimpan yang paling tepat dengan memperhatikan hal penting.

Cara Menyimpan Wine
Cara Menyimpan WineMenyimpan Wine

Cara Menyimpan untuk Menjaga Kualitas Wine dengan Perhatikan Beberapa Hal

Menyimpan sebotol wine tentu tidak dilakukan sembarangan karena ada cara khusus agar kualitas wine di dalamnya tetap terjaga, berikut cara yang bisa Anda terapkan.

  1. Suhu ruangan diusahakan selalu stabil

Perusahaan winery di Perancis pasti akan memberikan rekomendasi tentang suhu ruangan untuk menyimpan wine. Suhu ruangan memang akan memengaruhi kualitas dari wine jika suhu terlalu panas atau dingin. Suhu ruangan khusus untuk menyimpan wine demi menjaga kualitas diusahakan selalu stabil antara 18-20 derajat.

  1. Jangan dibuka dulu ketika disimpan

Sebenarnya cara menyimpan wine yang baik dan benar adalah dengan tidak membuka tutup botol ketika disimpan. Jadi wine yang akan disimpan adalah wine yang benar-benar belum pernah dibuka dan masih tersegel. Hal ini dikarenakan jika kemasan dibuka maka rasa dan kualitas tentu sudah sangat berbeda.

  1. Perhatikan keunikan tempat menyimpan

Dalam menyimpan wine sebaiknya perhatikan keunikan tempat menyimpan wine itu sendiri. Hal ini dikarenakan tempat menyimpan wine juga akan sangat berpengaruh pada rasa dan kualitas wine. Misalnya jika Anda menyimpan wine pada wadah kayu yang besar maka wine akan terasa seperti ada rasa kayunya.

  1. Cuaca di lokasi penyimpanan

Menyimpan wine memang tidak boleh sembarangan untuk dilakukan agar kualitas dan rasa tidak mengalami perubahan. Termasuk dengan memperhatikan cuaca dilokasi Anda menyimpan wine tersebut. Jika cuaca terlalu panas atau dingin maka Anda harus mengatur suhu sesuai dengan standar penyimpanan wine yang sudah direkomendasikan.

Pentingnya memperhatikan cara ketika menyimpan wine agar tetap bisa menjaga kualitas itu sendiri. Wine yang disimpan dalam waktu lama akan semakin nikmat asalkan tahu cara menyimpannya. Maka disimpan lama sekalipun tidak akan menjadi masalah, justru semakin mahal dengan  mengetahui cara menyimpan wine yang benar.

By admin