Mengenal Jenis Wine Perancis

Mengenal Jenis Wine Perancis yang Nikmatnya Mendunia. Ada beberapa jenis wine Perancis yang terkenal hingga ke seluruh penjuru dunia. Wine merupakan minuman beralkohol yang difermentasi dari tanaman anggur. Minuman ini dihasilkan di beberapa negara Eropa dengan suhu tertentu yang cocok untuk menanam anggur dan dijadikan wine. Salah satu negara terbaik penghasil wine adalah Perancis.

Tanaman anggur yang dipakai untuk memproduksi wine adalah anggur jenis Vitis vinifera. Perbedaan teknik pembuatannya membuat jenis minuman wine semakin beragam. Perbedaannya sendiri bisa diketahui dari aroma maupun rasanya. Selain itu, jenis wine yang berbeda juga terkadang memiliki warna yang berbeda pula. Inilah beberapa jenis minuman wine dari Perancis.

Mengenal Jenis Wine Perancis
Mengenal Jenis Wine Perancis

Jenis Red Wine yang Berkelas

Jenis wine Perancis yang satu ini juga sering dikenal dengan anggur merah. Sesuai dengan namanya, minuman wine ini memiliki warna merah yang pekat. Warna ini dihasilkan dari pengolahan anggur merah atau hitam dengan kulitnya. Beberapa jenis red wine yang populer diantaranya Carbenet Sauvignon, Carbenet Franc, Merlot, Malbec, Dolcetto, dan Pinot Noir.

Red wine umumnya disajikan dengan jenis gelas bertangkai yang bentuknya cembung dan lebar. Jenis gelas seperti ini digunakan untuk merangkap aroma wine agar bisa dicium sesaat sebelum menyesapnya. Menikmati red wine sangat cocok saat makan malam dengan sajian steak daging merah yang lembut.

Red wine banyak dijumpai pada acara makan malam atau fine dining yang elegan dan berkelas. Selain itu, minuman ini juga sangat cocok bagi Anda yang akan mengajak pasangan dalam kencan romantis. Untuk dapat merasakan kenikmatan red wine, hiruplah aroma khasnya terlebih dahulu sebelum menenggak.

Mengenal Jenis Wine Perancis
Mengenal Jenis Wine Perancis

Jenis White Wine

Jenis wine Perancis lain yang juga tak kalah populer yaitu white wine atau anggur putih. White wine memiliki warna kekuningan yang jernih. Hal ini dikarenakan proses pembuatannya yang hanya mengambil sari dari daging buahnya saja, tanpa menyertakan kulit anggur. Anggur yang digunakan biasanya jenis anggur kuning, hijau, atau anggur merah.

Para penikmat anggur putih biasanya menggunakan jenis gelas bertangkai yang kecil dan tinggi. White wine cocok dinikmati bersama sajian daging berwarna putih seperti ayam atau seafood saat dinner. Beberapa jenis white wine yang terkenal di kalang pecintanya antara lain Pinot Blanc, Chardonnay, Pinot Gris, Sauvignon Blanc, Chenin Blanc dan Riesling.

Jenis White Wine
Jenis White Wine

Wine Jenis Champagne

Champagne juga dikenal dengan sparkling wine karena jenis wine Perancis yang satu ini menimbulkan kilauan buih saat dituang ke dalam gelas. Nama Champagne diambil dari kota penghasilnya, yaitu Champagne yang ada di Perancis. Anggur yang digunakan untuk memproduksi Champagne hanya dari jenis Pinot Noir, Chardonnay, dan Pinot Meunier.

Proses produksi Champagne juga ternyata memakan waktu yang cukup lama. Setidaknya dibutuhkan waktu fermentasi selama satu setengah tahun agar cita rasa anggur yang dihasilkan sempurna. Champagne sangat familiar untuk acara-acara yang sifatnya perayaan seperti pernikahan, ulang tahun, hingga merayakan kemenangan dalam suatu kejuaraan.

Jenis wine Perancis Champagne biasanya disajikan menggunakan gelas kecil dan tinggi dengan tangkai panjang. Gelas jenis ini dipakai untuk mengakomodasi sparkling yang menyeruak begitu dituangkan. Merayakan pesta di malam hari akan terasa lebih seru dengan segelas Champagne di tangan. Tentunya dengan melakukan toast bersama-sama.

Setiap wine memiliki karakter rasa dan aroma masing-masing yang berbeda satu sama lain. Meski demikian, minuman anggur tersebut bisa dinikmati di perhelatan yang berbeda. Tak ada salahnya jika Anda ingin merasakan wine khas Perancis yang tersohor. Untuk itu, Anda perlu mengenal terlebih dahulu jenis wine Perancis sebelum mencobanya.

By admin