Kenali Cara Membuat Wine

Kenali Cara Membuat Wine Kualitas Dunia Ala Perancis. Cara membuat wine yang tepat menjadi salah satu faktor penentu kualitas wine yang dihasilkan. Ada beberapa tahapan penting yang tak boleh dilewatkan jika ingin memperoleh wine kualitas terbaik. Inilah yang menjadi kunci rahasia para pembuat wine di Perancis. Sehingga wine dari negeri menara Eiffel ini memiliki pamor tinggi di dunia.

Wine merupakan minuman hasil fermentasi buah anggur yang banyak disajikan di acara-acara penting. Wine memiliki aroma khas dan rasa yang berbeda satu sama lain di antara berbagai jenisnya. Pecinta wine biasanya memiliki selera tersendiri terhadap wine yang dipilih. Ada yang menyukai rasa manis dominan, asam, hingga rasa after taste yang kuat.

Proses pembuatan wine terdiri dari 2 kategori, yakni wine berkarbonasi dan tanpa karbonasi. Ada ilmu khusus untuk mendalami pembuatan wine yang disebut oenology. Sedangkan para ahli ilmu tersebut memiliki sebutan oenologist. Untuk mengenal wine lebih jauh, ada baiknya Anda mengetahui informasi seputar cara membuat wine berikut ini.

Kenali Cara Membuat Wine
Kenali Cara Membuat Wine

Proses Pemanenan Anggur

Sebelum membuat wine, tahapan yang harus dilalui pertama kali tentunya memanen anggur. Anggur yang bisa dipanen adalah anggur dengan tingkat keasaman dan rasa manis yang pas. Keseimbangan rasa anggur menjadi hal mutlak untuk menghasilkan wine berkualitas tinggi. Jenis anggur juga disesuaikan dengan wine yang akan dibuat.

Di samping itu, cara memanen anggur juga diperhatikan dengan cermat. Untuk menjaga kualitas buah, para pembuat wine lebih memilih memanen anggur dengan tangan langsung. Penggunaan mesin dikhawatirkan dapat merusak kualitas anggur. Saat proses memanen atau harvesting juga harus pada cuaca yang tepat.

Kenali Cara Membuat Wine
Kenali Cara Membuat Wine

Penghancuran dan Fermentasi

Setelah dipanen dan mendapatkan anggur yang kualitasnya bagus, kini saatnya menghancurkan buah-buah tersebut. Proses penghancuran buah menggunakan mesin modern sehingga lebih efektif dan efisien. Pada red wine, buah dihancurkan bersama kulitnya. Sedangkan cara membuat wine putih dengan memisahkan daging dari kulit dan biji anggur.

Setelah buah dihancurkan, tahap selanjutnya yaitu proses fermentasi. Fermentasi yaitu menambahkan ragi pada bua yang telah hancur selama waktu tertentu. Hasil dari peroses fermentasi berupa gula dan alkohol. Wine yang dibuat dengan rasa manis proses fermentasinya lebih cepat agar gula tak sepenuhnya berubah menjadi alkohol.

Sedangkan untuk menghasilkan wine dengan cita rasa yang lebih kuat, proses fermentasi bisa dilakukan dalam waktu yang lebih lama. Fermentasi anggur bisa dilakukan di mana saja. Sedangkan waktu yang diperlukan menyesuaikan hasil wine yang dikehendaki. Rentang waktu fermentasi berkisar antara 10 hari sampai 1 bulan atau lebih.

Kenali Cara Membuat Wine
Kenali Cara Membuat Wine

Penjernihan dan Pengemasan

Tahapan cara membuat wine selanjutnya yaitu proses penjernihan. Proses ini dilakukan untuk memisahkan ragi, protein, dan tannins yang masih bercampur pada fase fermentasi. Setelah dipisahkan, wine yang sudah jadi akan dimasukkan ke dalam wadah bejana khusus. Bejana tersebut bisa terbuat dari stainless steel atau barrel oak.

Setelah proses penjernihan, berikutnya dilakukan pengemasan yang merupakan tahap akhir pembuatan wine. Pada proses akhir ini ada 2 pilihan, yaitu langsung dikemas atau diproses lagi agar lebih tua (penuaan/aging). Jika ingin menghasilkan wine dengan cita rasa yang lebih halus, maka sebelum dikemas ke dalam botol akan dituakan terlebih dahulu.

Wine yang berkualitas pasti melewati proses pembuatan yang detail dan cermat. Wine terbaik asal Perancis selalu menjadi incaran penikmatnya karena teknik pembuatannya yang benar-benar terukur. Cara membuat wine ala Perancis terbukti menghadirkan cita rasa wine terbaik yang selalu dinanti.

By admin